Senin, 01 November 2010

Perkembangan Jaringan Komputer

Perkembangang Jaringan Masa Depan tidak akan terlepas dengan Internet, Karen Internet merupan jaringan global yang luas. Dibawah ini saya akan meresume teknologi apa saja yang akan berkembang dan akan popular dimasa mendatang, ada di beberapa Negara besar yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut namun belum popular di Negara lain.

1. WIMAX

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.

Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau dikenal dengan BWA.

Perbandingan Perkembangan Teknologi Wireless

  1. VoIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone)adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubahmenjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Keuntungan VoIP

ü Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.

ü Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.

ü Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.

ü Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa

ü Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.

ü Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset

*Perkembangan dunia telokumunikasi dan komunikasi data dengan jaringan komputer sangat cepat sekali, hingga saat ini tersedia komunikasi data dengan kecepatan tinggi dengan broadband internet menggunakan Fiber Optic, memungkinkan sekali dimasa depan setiap computer akan terintegrasi dengan jaringan global internet dengan menggunakan wimax karena daya jangkau wimax sampai 8 KM, dimana saja kita kan mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan semakin gampang untuk mengakses informasi.

Internet2

Sejak tahun 1996, Internet2 telah menyediakan koneksi sangat cepat untuk perguruan tinggi dan universitas saja. Tujuan Internet2 adalah untuk menyebarkan aplikasi jaringan dan teknologi maju, mempercepat penciptaan internet besok. Internet2 adalah mencari untuk menciptakan kemitraan antara lembaga-lembaga pendidikan, industri, dan pemerintah yang dipupuk Internet saat ini kembali pada akhir tahun 1960.

Jaringan Internet2 tidak tersedia untuk umum. Tujuan utama Internet2 adalah untuk melakukan hal berikut:

*

Buat kemampuan terdepan jaringan untuk penelitian dan pengembangan.
*

Aktifkan pengujian produk serat baru dan router.
*

Buat layanan jaringan baru dan aplikasi untuk standar Internet.

Jaringan menggunakan tulang punggung serat bandwidth tinggi sama standar Internet. Perbedaan dasar antara standar Internet dan Internet2 adalah jumlah pengguna. jaringan Internet2 hari ini mendukung 3 juta pengguna. Sebaliknya, standar Internet mendukung ratusan juta pengguna.

Kecepatan koneksi minimum untuk Internet2 adalah 155 Mbps. Jaringan ini dirancang dengan jumlah minimum dari "hop" antara router, menciptakan hubungan lebih cepat.

Beberapa pengujian eksperimental dengan teknologi Internet2 adalah sebagai berikut:

*

Medical-3D Otak Pemetaan: Memungkinkan visualisasi real-time dari aktivitas otak selama tugas visual dan memori. Internet2 memungkinkan komputer untuk menghubungkan bersama di tingkat tinggi kecepatan untuk bertukar informasi.
*

Remote Medical-Kedokteran Spesialis Evaluasi: evaluasi medis Kebanyakan dapat diselesaikan setelah meninjau gambar pasien oleh dokter-non di pusat membaca. Beberapa evaluasi, bagaimanapun, memerlukan bahkan meninjau lebih lanjut dengan spesialis pembimbing. Transmisi internet dengan kualitas yang terjamin layanan dan bandwidth tinggi mendukung interaksi real-time antara para ahli non-dokter dan dokter mengawasi. Kedua kelompok berbagi data gambar set dan besar menyelesaikan evaluasi dengan menggunakan Internet2.
*

Hiburan-Advanced Digital Video: Internet2 memungkinkan untuk presentasi tinggi kualitas video yang saat ini tidak tersedia di Internet standar. Internet2 juga menyediakan video digital interaktif 2-arah, yang tidak mungkin dengan layanan Internet generasi pertama tradisional.
*

Pendidikan-Remote Instruksi dan Pengajaran: Internet2 dapat menghubungkan beberapa sesi kelas multimedia, menyediakan pengembangan materi pendidikan antara dua lembaga yang terpisah secara geografis. Real-time interaksi antara siswa dan guru dapat dirumuskan dengan Internet2.
*

Astronomi-Remote Telescope Manipulasi: Dengan Internet2, seorang astronom di Amsterdam jarak jauh dapat mengontrol teleskop di Hawaii dan kemudian berpartisipasi dalam kecepatan, internasional penuh, full motion konferensi video untuk mendiskusikan temuan nya.

Remote interaktivitas merupakan salah satu fitur utama Internet2. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dokter jarak jauh bisa mengawasi prosedur medis, astronom jarak jauh dapat melihat isi dari teleskop, guru jarak jauh dapat menginstruksikan ruang kelas. Ini adalah media ilmiah dan pendidikan yang sangat kuat. Internet2 mungkin suatu hari menjadi Internet masa depan. Bahkan, sudah ada beberapa pembicaraan tentang pembangunan Internet3, dengan kecepatan pemrosesan bahkan lebih tinggi dari yang saat ini tersedia dengan Internet2.


Fotonik Serat


Selama 20 tahun terakhir, serat optik telah menyediakan telekomunikasi meningkat lebih dari jarak jauh pada kecepatan yang terus meningkat. Ada batas fisik untuk kecepatan transmisi serat's. Idealnya, kami ingin mengirim pada kecepatan cahaya, namun tujuan ini tidak dapat dicapai dengan serat kaca.

Transmisi cahaya melalui serat kaca bervariasi dengan intensitas (sebagai lawan cahaya melalui ruang bebas). cahaya yang lebih sering memberikan kecepatan yang lebih cepat. Jika terlalu banyak cahaya yang ditransmisikan dengan serat, distorsi akan hasil dan sinyal akan menurunkan.

Para ilmuwan melihat kemungkinan lain untuk transmisi data berkecepatan tinggi selain serat. serat fotonik Hollow-core atau teknologi udara tipis dapat menggantikan serat sama sekali. Sebuah cahaya digunakan untuk transmisi sinyal, dan amplifikasi atau regenerasi tidak diperlukan. Beberapa perusahaan dan lembaga penelitian yang bereksperimen dengan teknologi ini, yang bisa suatu hari lagi merevolusi Internet.


High Definition Television

Televisi definisi tinggi (HDTV) memiliki sekitar dua kali lipat resolusi horisontal dan vertikal arus sistem siaran televisi analog 525-line. Masalah dengan HDTV bukan teknologi itu sendiri tetapi kompatibilitasnya dengan standar yang ada. Pada tahun 1957, kompatibilitas adalah masalah besar ketika televisi berwarna pertama kali diperkenalkan. Televisi definisi standar (SDTV) sinyal harus kompatibel dengan kedua penerima hitam dan putih dan warna.

Kompatibilitas antara SDTV dan HDTV jauh lebih kompleks daripada masalah televisi hitam dan putih versus warna. Pertama-tama, ada bandwidth; HDTV membutuhkan 20 MHz, sedangkan SDTV membutuhkan 6 MHz. Kedua, SDTV memiliki rasio aspek 4 / 3 (hampir persegi), sedangkan HDTV memiliki 16 / 9 (surat) format lebar. Ketiga, SDTV menggunakan transmisi sinyal analog, dan HDTV menggunakan transmisi sinyal digital. Keempat, garis HDTV-scan secara berurutan dan tidak interlaced seperti di SDTV. Karena masalah ini, HDTV secara bersamaan siaran bersama dengan sinyal SDTV (pada frekuensi yang berbeda).

Tujuan desain HDTV adalah untuk menyediakan kompatibilitas yang lebih dengan komputer daripada dengan format SDTV ada. HDTV menawarkan 60 frame per detik, yang dua kali resolusi SDTV. Fitur ini menambah gerak halus dan kejelasan sinyal dengan kualitas movielike. Mari kita juga tidak melupakan 5.1 saluran siaran suara AC3 digital disertakan dengan sinyal video.

HDTV tersedia melalui siaran satelit digital (DBS) dan dari penyedia layanan TV kabel. Anda harus memeriksa dengan baik perusahaan satelit atau operator kabel untuk menentukan kompatibilitas HDTV.

Ingat diskusi awal kita tentang transmisi analog dan digital? sinyal transmisi analog tunduk terhadap kebisingan dan distorsi sedangkan transmisi sinyal digital yang relatif bebas noise dan distorsi gratis. Sebagai contoh, HDTV siaran yang berasal dari Manhattan akan terlihat sejelas di Jersey City, New Jersey (timur New Jersey) seperti di Phillipsburg, New Jersey (barat New Jersey). Sebuah siaran SDTV tidak dapat diterima dengan baik (jika ada) di Phillipsburg, New Jersey. sinyal digital on atau off, suara transmisi jadi terarah tidak akan mempengaruhi sinyal HDTV. Sinyal HDTV sangat lemah digital tidak akan bekerja sama sekali.

rencana Asli, diamanatkan oleh FCC, akan memerlukan shutdown SDTV oleh tahun 2008. Apakah ini akan terjadi sebagian besar didasarkan pada seberapa cepat HDTV menjadi bercokol dalam rumah tangga kami. siaran HDTV yang tersedia dari perusahaan kabel dan satelit. Pada tulisan ini, penerima HDTV masih tetap cukup mahal dan, bila tersedia, hampir selalu dijual dengan sistem televisi proyeksi belakang.

Check out HDTV di audio lokal Anda atau video toko elektronik. Anda tidak memerlukan pengetahuan dalam sistem transmisi telekomunikasi untuk melihat perbedaan terlihat antara SDTV dan HDTV.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More